Friday, February 19, 2016

SINOM RON GENDURU

   Sebilah keris dari leburan 9 pusaka yang sudah tidak utuh lagi, diantaranya ada beberapa keris dan tombak temuan. Terciptalah sebuah keris berdhapur Sinom dengan pamor ron genduru.
   Keris berdhapur Sinom termasuk keris yang populer karena banyak dijumpai. Sebagai sebuah pusaka dengan motif apapun bentuk pamornya, penampilan dhapur Sinom pada umumnya memberikan kesan luwes prigel, menyenangkan, tampan dan indah. Jarang ditemui keris berdhapur Sinom yang terkesan seram, galak dan angker.
   Dhapur Sinom mengandung arti tumbuh dari asalnya daun muda menjadi dedaunan yang ngremboko (berhimpun), dimana menggambarkan periode sang anak menginjak dewasa yaitu peralihan masa kanak-kanak ke masa pra puber. Para muda menjalani hidup dengan semangat suka cita penuh harapan, mencari identitas diri, beradaptasi dalam lingkungannya, dan mengolah bakat serta kreatifitas. Dhapur Sinom mengingatkan kita bagaimana menyikapi hidup dengan semangat untuk terus tumbuh berkembang, menjadi lebih baik. Juga, bagaimana seharusnya sebagai orang tua, orang tua bertugas tidak hanya membesarkan anak tapi juga mendewasakan anak (ngentas pitulus) agar ia nantinya berguna bagi keluarga, bangsa dan lingkungannya. Tidak mengherankan di masa lalu, keris Sinom sering digunakan sebagai hadiah bagi Pangeran-Pangeran yang dikhitankan.

Mahar : Rp. 1.200.000 nego










No comments:

Post a Comment